Contoh Sikap Toleransi Nabi Muhammad SAW

Contoh Sikap Toleransi Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam

Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali
Ketahuilah wahai muslimin, bahwasanya orang yang hendak memahami makna toleransi sebagaimana mestinya, hendaknyalah dia melihat sejarah hidup Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bermasyarakat, maka dia akan mendapatkan pengertian toleransi yang sesungguhnya.
Sungguh Al-Musthofa Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang sangat lemah-lembut. Bila para shahabat Radhiallahu’anhum membicarakan masalah dunia, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ikut berbicara bersama mereka, bila mereka berbicara tentang akhirat, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga ikut bercengkrama dengan mereka. Dan bila di dalam rumahnya, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membantu keluarganya (istrinya), dan sikap beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini seperti yang Allah Subhanahu wata’ala firmankan.
لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
"Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keselamatan dan keimanan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang yang beriman" (At-Taubah: 128)
Dari sini, tidak ada seorangpun yang dapat mencapai derajat kesempurnaan sikap toleransi selain Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu para pewarisnya menurut kadar andil mereka dalam mencapai harta warisan beliau Shallallahu’alaihi wasallam.
1. Toleransi Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bila Memutuskan
وعن أبي هريرة رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أن رجلاً أتى النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم يتقاضاه فأغلظ له فهم به أصحابه، فقال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم: <دعوه فإن لصاحب الحق مقالاً> ثم قال: <أعطوه سناً مثل سنه> قالوا: يا رَسُول اللَّهِ لا نجد إلا أمثل من سنه. قال: <أعطوه فإن خيركم أحسنكم قضاءً> مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
Dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwasanya ada seorang lelaki datang kepada Nabi Shallallahu’alaihi wasallam untuk menagih hutang, lalu orang itu berkeras bicara pada beliau Shallallahu’alaihi wasallam. Para sahabat bermaksud hendak membalas kekasaran orang itu, lalu Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: "Biarkanlah ia berhak demikian, sebab seseorang yang mempunyai hak itu berhak pula mengeluarkan pembicaraan." Selanjutnya beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: "Berikanlah pada orang itu unta yang sebaya dengan unta yang dahulu dipinjam daripadanya." Para sahabat berkata: "Ya Rasulullah, kita tidak mendapatkan melainkan unta yang lebih tua dari unta yang dipinjam dulu." Beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: "Berikan sajalah itu, sebab sesungguhnya yang terbaik di antara engkau semua ialah yang terbagus pula keputusannya," (Muttafaq ‘alaih)
2. Toleransi Beliau Shallallahu’alaihi wasallam Dalam Jual-Beli
وعن جابر رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم اشترى منه بعيراً [ بِوُقِيَّتَيْنِ ودرهم أو درهمين] فوزن له فأرجح. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
Dari Jabir bin Abdullah Radliyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membeli onta dari dirinya, beliau menimbang untuknya dan diberatkan (dilebihkan). (Hadits Riwayat Bukhari 4/269 dan Muslim 3/1223)
وعن أبي صفوان سويد بن قيس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ قال: جلبت أنا ومخرمة العبدي بَزّاً من هجر، فجاءنا النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم فساومنا بسراويل وعندي وزان يزن بالأجر، فقال النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم للوزان: <زن وأرجِج> رَوَاهُ أبُو دَاوُدَ وَالتِّرمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صحيح.
Dari Abu Sofwan Suwaid bin Qais Radliyallahu ‘anhu dia berkata : "Saya dan Makhramah Al-Abdi memasok (mendatangkan) pakaian/makanan dari Hajar, lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi kami dan belaiu membeli sirwal (celana), sedang aku memiliki tukang timbang yang digaji, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan tukang timbang tadi,"Timbanglah dan lebihkan !" (Hadits Riwayat Abu Dawud 3336, At-Timidzi 1305, Ibnu Majjah 2200 dan lainnya, dishahihkan oleh Syaikh kami (Al-Albani) dalam Shahih Al-Jami 3568) Sejarawan Muslim Ibnu Ishak pernah ber kisah, syahdan, suatu hari Rasulullah SAW dikunjungi rombongan 60 orang yang beragama Nasrani Najran. Mereka dipimpin pendeta bernama Abu Al-Harisah Bin Al-Qomah.
Pada saat rombongan datang ke masjid, kebetulan Rasulullah SAW selesai shalat Ashar bersama para sahabatnya. Tiba-tiba, rombongan Nasrani itu bermaksud melaksanakan kebaktian. Para sahabat kaget, kemudian para sahabat bermaksud melarang mereka melaksanakan kebaktian di masjid.
Meski begitu, Rasulullah menyuruh para sahabatnya membiarkan mereka melaksanakan kebaktian sesuai dengan keyakinan agamanya, yaitu agama Nasrani. Mereka pun menghadap ke arah timur dan melaksanakan kebaktian di dalam masjid dan disaksikan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.
Dalam kisah itu, diceritakan pula bahwa pendeta Abu Al-Harisah telah mengetahui risalah ke nabian Muhammad SAW, tapi tak satu pun dari mereka yang berikrar masuk Islam. Hal tersebut tak membuat Rasulullah SAW memaksa mereka me meluk Islam.

Sungguh mengagumkan sikap toleransi yang dicontohkan Rasulullah SAW dan para sahabat nya. Sikap ini mencerminkan hakikat ajaran Islam itu menjunjung tinggi perbedaan keyakinan se seorang dan tidak pernah memaksakan untuk me meluk agama Islam, tetapi Rasulullah mem biarkan sesuai dengan kesadaran orang tersebut, mau masuk Islam silakan atau tidak juga tidak apa-apa, asal jangan mengganggu.
Allah SWT berfirman, "Dan jikalau Tuhanmu meng hendaki, tentulah semua beriman, semua yang di muka bumi seluruhnya, maka apakah kamu hendak memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya." (QS Yunus 10:99).
Namun, hal itu tidak dilakukan-Nya karena tujuan utama Allah SWT menganugerahkan potensi akal kepada manusia adalah agar mereka menggunakannya untuk berpikir dan merenungi siapakah pencipta alam ini. Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman, "Tidak ada seorang pun akan ber iman kecuali dengan izin Allah SWT." (QS Yunus 10:100).
Jadi, jika Allah SWT dengan kekuasaaan- Nya, menghendaki semua manusia di muka bumi ini bisa beriman kepada-Nya, sebenarnya sangat mudah bagi-Nya. Ini difirmankan Allah dalam Al quran, "Sekiranya Allah SWT meng -hendaki, nis caya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah SWT hendak menguji kamu terhadap pem be rian-Nya kepada kamu, maka berlomba-lom balah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah SWT lah kembali kamu semuanya. Lalu, diberitahu kan nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu." (QS al-Maidah 5:48). Wallahualam.



Description: Contoh Sikap Toleransi Nabi Muhammad SAW Rating: 5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Contoh Sikap Toleransi Nabi Muhammad SAW

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More